Mengapa Perencanaan Merek Anda Lebih Penting daripada Perencanaan Bisnis Anda?

Kenapa kamu peduli dengan branding? Karena hari-hari ini, semua orang akan mengunjungi Google Anda sebelum mereka mengunjungi restoran Anda, membeli produk Anda, mempekerjakan Anda untuk melakukan layanan, meminjamkan uang kepada Anda atau menginvestasikan modal dalam usaha baru atau yang sudah ada. Kapan pun Anda berinteraksi dengan orang – online atau offline – merek Anda akan menjadi masalah.

Kami biasa hidup di masa yang lebih sederhana. Satu-satunya merek yang kita tahu tahu tentang dikelola oleh perusahaan besar: IBM, Coca-Cola, BMW. Jika Anda ingin membangun bisnis, Anda menulis sebuah rencana bisnis yang komprehensif yang berfokus pada angka-angka: arus kas, pendapatan, biaya dan keuntungan. Dalam kebanyakan situasi, rencana itu mencakup item penting untuk cetak tradisional dan mungkin iklan radio dan televisi. Branding tidak ada di radar untuk kebanyakan perusahaan.

Jika itu terdengar seperti dunia yang lebih baik untuk Anda, Anda salah. Keuntungan yang ada pada kita dalam dekade terakhir jauh lebih besar daripada yang pernah ada, kedua dunia bahkan tidak dapat dibandingkan. Belum pernah Anda memiliki kesempatan untuk membangun merek seperti yang Anda bisa hari ini, kemudian memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis Anda, meningkatkan penjualan Anda, dan meningkatkan kredibilitas dan keuntungan Anda. Terlepas dari peluang luar biasa bagi pengusaha ini, banyak yang tidak menyadari mereka dan berpegang teguh pada era yang sudah ketinggalan zaman dimana rencana dan pendekatan bisnis dihormati untuk mempromosikan bisnis yang berfokus pada periklanan dan bukan keterlibatan.

Rencana adat tersebut mungkin memadai untuk “masa-masa sulit” tersebut. Tapi, untuk dunia internet dan media berbasis dunia saat ini, bisnis merindukan sasaran tanpa “rencana merek” yang canggih yang secara khusus menyampaikan apa yang diwakilinya, nilai yang diberikannya kepada pelanggan dan strategi tentang bagaimana menjaga agar percakapan tetap berjalan, atau dikenal sebagai pertunangan, dengan ribuan orang asing secara online.

Apa yang masuk ke dalam rencana merek
Secara khusus, rencana merek yang ditulis dengan baik memusatkan kepercayaan, sumber daya, dan taktik otak organisasi ke arah yang mereka perlukan agar merek dapat mencapai tujuannya. Rencana merek tersebut bertindak sebagai payung dimana fungsi seperti pemasaran, penjualan dan pengembangan produk digabungkan, merinci apa yang masing-masing kelompok perlu lakukan agar merek tersebut berhasil, sekaligus menetapkan tujuan yang dibutuhkan oleh operasi dan keuangan.

Rencana merek yang sukses dimulai dengan sebuah visi – gagasan tentang apa yang harus mewakili atau melambangkan merek tersebut. Rencana tersebut juga harus mencakup sebuah misi – sebuah rencana serangan khusus yang membantu meluncurkan merek tersebut.

Selanjutnya adalah tujuan, hal yang ingin dicapai brand, diikuti oleh strategi yang menyediakan peta jalan bagaimana menuju ke sana. Rencana merek yang sukses harus mengidentifikasi target konsumen, demografis yang dibutuhkan bisnis untuk mendukung mereknya. Untuk menarik konsumen ini untuk membeli produk, merek harus memiliki pesan utama, yang menjelaskan mengapa perusahaan dan produknya dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan orang lain. Terakhir, sebuah rencana merek harus mencakup strategi untuk promosi yang membuat konsumennya ditargetkan untuk mengambil tindakan.

Yang terpenting, branding adalah tentang emosi dan bagaimana perasaan pelanggan dan klien Anda tentang Anda dan produk Anda. Pemasaran adalah tentang angka. Keduanya penting, tapi di iklim hari ini, bagaimana Anda membuat orang merasa dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda.

Pelajaran dari ahli merk Elon Musk
Satu orang hari ini yang memahami aspek emosional dari pencitraan merek lebih baik daripada kebanyakan adalah Elon Musk. Dengan motor Tesla Motors, Space X dan perusahaan energi Solar City, Musk – sudah dikatakan – tidak memiliki pelanggan, dia memiliki pengikut.

Dikenal sebagai jenius maverick dan kreatif, Musk telah berhasil mencap dirinya sebagai pengusaha berlari dunia yang keluar untuk menyelamatkan dunia dengan menemukan produk dan mesin brilian yang ramah lingkungan. Dengan demikian, pelanggan Musk tidak hanya mengagumi kreativitas dan ketajaman bisnisnya, tapi juga ideologinya. Bagi banyak pengikutnya, mobil Tesla adalah perpanjangan tangan pria itu, dirinya sendiri – kendaraan yang terlihat keren yang sekaligus memerangi pemanasan global.

Yang juga menarik bagi konsumen adalah Musk mengambil tanggung jawab pribadi atas mereknya. Pada tahun 2013, ketika perusahaan tersebut terkena gelombang publisitas buruk setelah beberapa mobil Tesla tertangkap, Musk secara pribadi menulis sebuah posting blog yang membuat pertahanan kuat produk Tesla dan akibatnya dari identitas mereknya sendiri. Konsumen memberi penghargaan pada Musk atas kejujuran dan ketulusannya dengan menjadikan mobil model plug-in terbaik di tahun ini pada tahun 2015 dan 2016.

Seperti yang ditunjukkan Musk, kesuksesan sebuah bisnis bergantung pada keaslian, transparansi dan tindakan tulus. Merek positif yang menyulut antusiasme dan mendorong jutaan keuntungan bukanlah sesuatu yang Anda tinggalkan dengan harapan atau harapan untuk diciptakan tanpa banyak pertimbangan dan perencanaan. Mengapa membiarkannya kebetulan? Semakin banyak waktu, usaha dan sumber daya yang Anda habiskan untuk rencana merek Anda, semakin besar kemungkinan Anda menciptakan merek positif berkelanjutan yang sesuai dengan basis pelanggan Anda, tumbuh pengaruh Anda dan dampak bottom line Anda.

This article was written by hong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *